Home/History/Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui

Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis. Kuda telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun lalu. Bahkan kuda termasuk hewan yang bersahabat dengan manusia, pastinya banyak dari kamu yang begitu menyukai hewan gagah ini. Untuk itulah hari ini saya akan ngebahas artikel mengenai kuda dan langsung aja yuk, kita baca.

Asal Usul Kuda

Kuda yang saat ini tersebar di seluruh dunia sejatinya berasal dari binatang kecil, beberapa ilmuwan menyebut hewan kecil ini sebagai eohippus atau dawn horse. Binatang kecil tersebut telah mengalami proses evolusi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Dan di Tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di bentukan Tebing Eocene. Kemudian pada tahun 1931, kerangkanya disusun kembali di Big Horn Basin, Wyoming USA oleh palaeontologi dari Institut Teknologi California. Adapun yang perlu kamu ketahui bahwa kuda mengalami proses evolusi yang terjadi dalam beberapa tahap yakni:

  • Eohippus, berkembang pada zaman Eocene dengan tinggi 25 cm.
  • Mesohippus, perkembangannya dimulai pada zaman Ologocene yakni memiliki tinggi mencapai 60 cm dan juga memiliki tiga jari.
  • Merychippus, berkembang pada pertengahan dan akhir zaman Miocene dengan memiliki ketinggian yang sudah mencapai 100 cm dan jari tengah mulai memendek.
  • Pliohippus, berkembang pada pertengahan zaman Pleistocene sekitar 6 juta tahun yang lalu dan kini tingginya mencapai 125 cm. Kukunya juga mulai berkembang menjadi kuku satu dan seterusnya disebut Equus, yang tingginya kini sudah bervariasi serta ukuran dan bentuk kuku makin bagus.

Kini hewan gagah ini sudah bisa kamu temui bahkan hampir sering ditemukan ditempat ataupun suatu daerah dipenjuru dunia. Inilah yang menunjukan bahwa ternak kuda begitu mudah untuk menyesuaikan diri terhadap iklim setempat. Hewan ini memulai penyebarannya dari Amerika Utara ke arah Amerika Selatan dan terus menyebar ke daerah Asia, Eropa dan Afrika yang terjadi sekitar 1 juta tahun yang lalu pada akhir zaman es yakni (9.000 SM).

Pada abad ke-16, penjelajah dari negara Spayol mendarat di Meksiko dengan membawa beberapa ekor kuda dan setelah itu hewan-hewan ini mulai berkembang dan menyebar di wilayah Amerika.

Pastinya kamu bertanya-tanya kan berkembangnya kuda di negara Indonesia itu kapan? Berkembangnya hewan gagah ini pada masa Kerajaan Hindu dan Budha yakni pada abad ke-7 Masehi. Pada masa kerajaan-kerajaan yang memiliki armada maritim yang kuat dan mempercepat usaha pengembangbiakan dan penyebaran kuda keseluruh wilayah Indonesia yakni mulai dari pulau Jawa sampai Sulawesi bahkan hingga kepulau kecil lainnya.

Jenis Kuda Yang Ada Di Dunia

Pada dasarnya kuda ini sendiri memiliki jenis-jenisnya, yakni mulai dari bentuk, ukuran, warna dari kuda itu sendiri bahkan kwalitas dan nama kuda itu. Banyak olahraga ataupun permainan (festival disuatu negara) yang umumnya membutuhkan kuda, namun kuda-kuda tersebut haruslah memiliki kwalitas yang baik. Mulai dari kecepatan hingga kekuatan pada kuda itu. Dan berikut adalah jenis-jenis kuda terbaik yang ada di dunia.

Kuda Friesian

Ini merupakan salah satu jenis ras kuda termahal di dunia yang berasal dari Friesland, Belanda. Kuda hitam nan gagah ini dulunya paling diincar oleh bangsa Eropa untuk dijadikan tunggangan dalam perang karena kuda Friesian ini memiliki ukuran yang besar dengan berat mencapai 1300 pons, kuda ini dianggap mampu membawa seorang ksatria dengan baju besinya di atas punggung mereka. Kuda jenis Friesian ini memiliki bulu yang lebat di bagian leher dan juga ekor. Kuda yang nampak lebih gagah dan karismatik ini terkenal sangat kuat serta energik.

Kuda Thoroughbred

Selain itu, kuda yang satu ini merupakan kuda RAS baru hasil silangan manusia. Keturunan dari silangan kuda betina asli Inggris dengan kuda jantan dari Turki serta kuda jantan dari Arab yang dikembangkan pada abad 17 dan 18. Kuda arab dipilih karena kecantikan bentuknya ringan dan atletis, spirit dan staminanya yang kuat. Kini kuda RAS baru Thoroughbred yang sekarang menjadi jawara kuda pacu di dunia. Kuda thoroughbred saat ini terus dikembangkan orang dibanyak negara termasuk Indonesia. Sekarang ini ada 118.000 ekor kuda thoroughbred lahir setiap tahun dan terdaftar rapi.

Kuda Mustang (Sih Kuda Liar)

Ini adalah salah satu jenis kuda yang berasal dari Amerika Utara. Awalnya kuda ini didatangkan ke wilayah Amerika untuk membantu penggembalaan. Namun kuda ini pun lepas dan bebas ke alam terbuka. Mustang adalah hewan pemberani, bersih dan gagah bahkan kuda ini adalah hewan yang begitu hebat, dia mampu bertahan hidup di tengah keganasan alam. Tenaga dari kuda satu ini jangan dipertanyakan lagi, Mustang memiliki tenaga yang super dan kekuatan yang dimilikinya berada pada bagian kaki belakang. Begitu banyak keistimewaan yang dimiliki kuda gagah yang satu ini.

Selain terkenal akan kegagahan dari jenis-jenis kuda ini, ternyata ada sisi lain yang membuat banyak orang begitu menyukai hewan satu ini. Ternyata bukan Anjing ataupun kucing saja yang bisa bersahabat dengan manusia, ternyata hewan gagah ini juga bisa menjadi sahabat bahkan kuda dapat mengerti keadaan (sedang dalam masalah) sang pemiliknya.

Persahabatan Antara Kuda Dan Manusia

Tahukah kamu ada hewan yang begitu setia dan mengerti masalah dari temannya itu, sosok kuda adalah hewan yang begitu terkenal akan kesetiaan. Bahkan di Medan, pertempuran sosok kuda adalah sosok yang begitu setia menemani dan membantu manusia. Wagner (manusia) dan Sereno (seekor kuda) kisah antara kedua sahabat ini begitu membuat banyak orang begitu amat bersedih, pasalnya Wagner telah meninggal dunia akibat kecelakaan.

Disaat pemakaman kakak dari Wagner yakni Wando memutuskan mempertemukannya dengan Sereno. Keputusan ini dilakukan mengingat Wagner selama ini sangat sayang terhadap Sereno. Dan tahukah kamu apa yang terjadi disitu, sungguh pilu kuda inipun sontak memberhentikan peti mati tersebut. Ia meringkik kesedihan dan pada saat itu ia meletakkan wajahnya ke arah peti tersebut, seakan ia tak mau kehilangan sahabatnya. Sereno kuda putih ini terus-terusan meringkik sambil mengetuk-ngetuk kakinya seakan-akan ingin mengucapkan salam perpisahan.

Nah, sudah tahukan kamu bahwa kuda adalah hewan gagah dan pemberani. Bahkan kuda termasuk hewan yang memiliki kesetian besar terhadap pemiliknya (manusia). Untuk itu sekian dulu artikel mengenai kuda dan semoga saja artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya.