Home/Info/Fakta Menarik Tentang Kuda

Kuda telah menemani manusia selama ribuan tahun dan mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kepergiannya. Dengan demikian, mereka langsung dikenali, meski banyak dari kita benar-benar melihat mereka di televisi. Sungguh memalukan, karena hewan-hewan perkasa ini sangat berharga dan semua perhatian yang bisa mereka dapatkan. Inilah beberapa fakta menarik tentang kehidupan dan sejarah mereka.

Kuda tertawa

Anda mungkin pernah melihat seekor kuda membuat ekspresi aneh dimana ia melingkarkan bibir atasnya dan memamerkan giginya menjadi seringai lebar. Hal ini membuat binatang terlihat seperti tertawa. Kenyataannya, ini adalah bagian dari teknik peningkat hidung khusus yang disebut respons flehmen. Hor menarik wajah yang lucu ini untuk mengarahkan aroma mengambang di udara menuju kelenjar olfactory khusus yang terletak di ujung lorong hidung kuda.

Perut bibir dan memiringkan sedikit kepala membantu hewan tersebut menyerap bau ke kelenjar tersebut. Kuda itu tidak menertawakan Anda, itu hanya mencoba untuk menentukan apakah Anda berbau tidak enak. Respon flehmen jauh lebih umum pada jantan daripada kuda betina. Sama seperti jerapah, kuda jantan sering mencicipi air kencing kuda untuk memeriksa apakah itu panas, makanya mereka melakukan itu.

Industri Kuda

Bagi orang-orang yang tidak pernah terlibat dengan kuda, mudah untuk mengasumsikan semua yang mereka butuhkan yaitu beberapa jerami sesekali di sebuah ladang untuk diliputi dan tiba-tiba ada seorang gadis berumur dua belas tahun menikam kudanya. Ini tidak jauh dari kebenaran. Kuda digunakan untuk berbagai kompetisi dalam olahraga, perkembangbiakan, rekreasi dan karya lama yang polos. Para petani membutuhkan untuk membajak sawahnya.

Padahal, kuda adalah bisnis masif. Sekitar 4,6 juta orang Amerika bekerja di industri kuda dengan satu atau lain cara. Industri kuda AS diperkirakan memiliki efek ekonomi sebesar $ 39 miliar per tahun. Ini hanya sedikit, sembilan juta kuda Amerika. Ada sekitar 58 juta kuda di dunia dan sebagian besar dari mereka dirawat oleh manusia.

Kuda Polisi

Kuda polisi telah digunakan dalam penegakan hukum masa damai sejak abad ke-17 dan unit kepolisian resmi pertama didirikan pada tahun 1805. Unit yang berbasis di London ini sukses besar dan dalam beberapa tahun, baik Australia dan Amerika telah mengadopsi gagasan tersebut. Kuda polisi selalu lebih dari sekedar metode transportasi. Manfaat dari seorang polisi penunggang kuda sudah jelas untuk semua. Seorang petugas polisi yang mengendarai seekor binatang besar memerintahkan penghormatan yang sangat berbeda dari pada satu kaki saja.

Itulah sebabnya kuda-kuda ini dipilih sebagai bagian dari pekerjaan, yang merupakan geldings besar (kuda yang dikebiri). Ini sangat mengesankan dan cukup untuk melakukan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan stres. Jumlah kuda polisi perlahan berkurang karena kemunculan sepeda motor dan lainnya. Model transportasi ringan, namun banyak negara masih menyimpan beberapa unit yang terpasang untuk tujuan hubungan masyarakat dan pengendalian kerumunan orang.

Mata

Kuda memiliki penglihatan yang cukup bagus, berkat mata mereka yang sangat aneh. Dengan diameter kira-kira 5 sentimeter (2 inci), mereka adalah mamalia darat terbesar. Bila diukur dalam volume, mata kuda mencapai sembilan kali lebih besar dari pada manusia. Legenda mengatakan bahwa ini berarti kuda dapat melihat benda-benda lebih besar dari manusia, itulah sebabnya mereka kadang mudah terkejut, tapi ini tidak benar.

Mata kuda memiliki tiga kelopak mata – dua yang biasa dan yang ketiga disebut membran nictitating – yang terletak di sudut dalam mata dan sesekali menyapu mata, melumasi dan membersihkannya jika timbul. Kuda tidak bisa benar memusatkan mata seperti manusia. Sebaliknya, bagian bawah retina mereka melihat benda dari kejauhan dan bagian atas untuk melihat lebih dekat.

Ini berarti, jika anda ingin tau, bahwa seekor kuda sebenarnya penglihatannya ke arah mana, anda harus memperhatikan bagaimana memegang kepalanya. Jika Anda melihat kuda berdiri di lapangan dan melakukan hal itu di tempat itu berdiri dengan kepala terangkat tinggi dan telinga menusuk ke depan, itu bukan hanya showboating – binatang itu mungkin hanya melihat sesuatu yang menarik di kejauhan.

Hibrida yang sama

Hibrida yang sama, seperti namanya dengan bijaksana, hewan hibrida yang dibesarkan dari tiga spesies yang sama-zebra, keledai dan kuda. Kebanyakan orang tahu tentang bagal (juga dikenal sebagai “john” atau “molly” tergantung jenis kelaminnya), salib seekor keledai jantan dan seekor kuda betina. Namun, hanya satu dari sekian banyak hibrida hibrida di luar sana.

Salah satu kombinasi tersebut adalah keturunan seekor ayah kuda dan ibu keledai yang disebut “hinny”. Zebra dan kuda dapat dibiakkan ke “zorses” dan “hebras”, yang juga dikenal sebagai zebra emas karena: sejujurnya, nama tersebut membuat makhluk malang itu terdengar seperti karakter fiksi ilmiah. Menambahkan ponies ke dalam campuran membawa pilihan terdengar lebih lucu lagi, seperti “zonies” dan “zetlands”.

Hibrida yang sama telah diciptakan sejak awal abad ke-20. Para ilmuwan memulai pekerjaan dengan zebra silang dan keledai, namun dengan cepat beralih ke kuda, mungkin karena mereka terlalu malu untuk menyebut nama kreasi mereka seperti “pantat zebra”.

Sepatu kuda

Semua orang tahu kebanyakan kuda dilengkapi dengan tapal kuda, namun kebanyakan orang tidak sadar bahwa potongan logam melengkung ini bukan hanya untuk melindungi kuku. Bagian keras kuku kuda terbuat dari keratin, protein kokoh yang sama terdiri dari tanduk, kuku dan rambut. Karena itu banyak yang harus diinginkan ketika menyangkut hal-hal tersebut, seperti daya tarik.

Bayangkan berjalan di sekitar jalan beraspal yang basah dan memakai tanduk sebagai sepatu dan Anda bisa melihat masalahnya. Pemasangan kuku dengan sepatu memperbaiki masalah ini. Sepatu meningkatkan daya tarik kuku dan memberikan penyerapan kejutan ekstra, yang mungkin Anda kenali sebagai manfaat agar sama persis, yang diberikan sepatu saat lari. Itu benar tapal kuda, sama dengan Air Jordans.

Sepatu kuda juga berbagi kesamaan lain dengan industri sepatu olahraga, ada banyak pilihan jenis yang sangat berbeda, seperti sepatu dukungan perbaikan pronasi, sepatu “keseimbangan alami” dan bahkan sepatu aluminium super ringan untuk kuda balap yang serius.

Nama kuda

Jika Anda pernah mengikuti pacuan kuda, Anda mungkin tahu bahwa kebanyakan nama kuda itu menggelikan. Kucing dan anjing biasanya diberi nama yang imut, bertenaga, atau mirip manusia, tapi kuda cenderung berakhir dengan nama seperti “Seabiscuit”, “Horlicks” atau “Ohnoitsmymotherinlaw”. Sekalipun demikian, sebenarnya ada banyak tradisi dan takhayul yang terkait dengan penamaan kuda.

Banyak peternak menamai kuda mereka untuk menghargai silsilahnya, yang dapat menyebabkan beberapa variasi yang tidak menguntungkan dari waktu ke waktu. Bagaimanapun, tidak butuh banyak generasi untuk memutar “Binky” menjadi “Flunky”. Penamaan kuda setelah anggota keluarga umumnya dihindari, karena jika kuda yang Anda namai setelah ibumu ternyata gagal, mungkin Mom tidak akan terlalu senang.

Banyak pemilik lebih memilih nama yang kuat seperti “Man O’War”, karena diyakini ini membawa keberuntungan kuda dalam balapan. Di sisi lain, menamai seekor kuda “Pemenang” adalah cara pasti untuk menciptakan kuda yang tidak akan pernah memenangkan perlombaan dalam hidupnya, jadi beberapa pemilik hanya memutuskan untuk bersenang-senang dengan namanya. Tentu saja, ada juga aturan aktual yang mengatur tradisi penamaan.

Jika tidak, program pacuan kuda akan dibaca seperti daftar nama pengguna dari forum diskusi internet yang sangat gila. Aturan ini bervariasi tergantung daerah Anda. Misalnya, The Jockey Club of Louisville membatasi panjang nama menjadi 18 karakter; melarang nama yang cabul, rasis, atau terlalu mirip dengan kuda yang bersaing secara aktif. Dan tidak mengizinkan nama yang seluruhnya terbuat dari angka.

Jika seekor kuda menjadi cukup terkenal, namanya bisa ditarik dari penggunaan sama sekali, sama seperti beberapa olahraga melepaskan jumlah atlet legendaris.

Kuda Arab

Sebagian besar kuda bisa menjadi makhluk yang sangat cantik saat mereka memikirkannya, namun banyak orang menganggap kuda Arab itu paling megah dari semua. Kita tahu bahwa mereka pertama kali muncul setidaknya 4.500 tahun yang lalu, yang juga menjadikan mereka salah satu keturunan kuda tertua. Pada umumnya diasumsikan bahwa Badui, yang terkenal karena hasrat mereka untuk berkuda, berada di balik penciptaan keturunan Arab.

Dengan tampilan “gurun” yang sigap dan siluet yang mudah dikenali, seekor kuda Arab mudah untuk membedakannya dari keturunan lainnya. Sama anehnya dengan tampilan ekor dan bentuk kepalanya yang unik, benda benar-benar menjadi lebih asing lagi saat Anda melihat sedikit lebih dalam. Kuda Arab memiliki struktur rangka yang sangat berbeda dari kuda-kuda lainnya.

Tulang rusuknya jauh lebih lebar, lebih kuat dan lebih dalam, biasanya memiliki lebih sedikit kuda yang normal. Ini juga memiliki lebih sedikit tulang lumbal dan tulang ekor. “Potongan-potongan yang hilang ini” tidak melakukan apa-apa untuk memperlambatnya. Meskipun, kuda Arab dianggap sebagai pelari ketahanan terkuat dalam kerajaan hewan, yang mampu berlari lebih dari 160 kilometer (100 mil) tanpa istirahat.

Daging kuda

Meskipun sebaliknya skandal baru-baru ini menunjukkan, daging kuda dianggap sebagai kelezatan di banyak negara. Perancis khususnya sangat parsial tidak hanya untuk daging kuda, tapi juga otak kuda dan jantung kuda. Tidak hanya orang Prancis. Ternyata kuda telah dimakan semenjak awal. Selama masa perang, kuda telah menjadi sumber protein yang penting dan relatif murah.

Pada saat damai, itu dimakan karena rasanya enak. Satu-satunya negara yang tidak pernah benar-benar berhasil melompat ke gerobak hippophage (kuda-pemakan) juga merupakan dua berbahasa Inggris yang paling berpengaruh. Terlepas dari kenyataan bahwa AS dan Inggris termasuk di antara eksportir daging kuda terbesar di dunia, keduanya secara historis mencemooh daging kuda sebagai makanan. Dengan demikian, apa yang tidak diekspor biasanya digunakan sebagai makanan hewan.

Ingatan

Pernahkah kamu menertawakan seekor kuda dengan nama yang lucu? Atau mengolok-olok seseorang saat memutar wajahnya di flehmen? Jika sudah, itu terlalu buruk, kuda mungkin ingat penghinaan Anda sepanjang sisa hidupnya. Sebuah penelitian di tahun 2010 mengungkapkan beberapa hasil yang sangat mengejutkan tentang kecerdasan kuda, terutama ingatan. Sahabat kuda  tidak hanya memahami kata-kata kami jauh lebih baik daripada yang telah kami antisipasi sebelumnya.

Ingatannya setidaknya sama bagusnya dengan gajah. Jika seekor kuda diperlakukan dengan baik, ia akan mengingat orang itu sebagai teman selama ia hidup. Kuda itu akan segera melanjutkan pertemanan saat melihat mereka lagi, terlepas dari berapa lama mereka berpisah. Mereka juga ingat tempat-tempat yang sangat bagus. Kebanyakan kuda menjadi gugup saat mereka dibawa ke tempat dimana mereka memiliki pengalaman yang mengejutkan.

Ingatan yang bagus dan kecerdasan kuda yang relatif kuat bukanlah hal yang baik. Jika mereka bosan, mereka secara tidak sengaja dapat mengetahui bagaimana melepaskan diri dari pos dan kait terbuka dan keranjang gandum. Begitu mereka mempelajari metode kenakalan ini, mereka tidak akan pernah lupa.

Bagaimana menurut anda tentang hewan yang satu ini? Menarik bukan? Anda juga pasti belum mengetahui fakta tersembunyi yang dimiliki oleh kuda. Apakah anda ngak ada ketertarikan untuk memeliharannya? Kuda ini pun memiliki multi fungsi juga lohh. Aku yakin jika anda ingin memeliharannya, gak bakalan rugi dehh. Hehehehe…