Home/Kuda/Kuda, Ini Dia Jenis Serta Cirinya

Didunia ini, sangat banyak sekali jenis hewan dari yang berukuran kecil hingga yang besar seperti jenis serangga, monyet, anjing, burung, harimau, gajah dan masih banyak lagi. Mungkin dari sekian banyak jenis hewan, kesemuanya hanyalah terdiri dari satu macam saja. Tapi jangan salah, ternyata ada jenis hewan yang dianggap hanya satu tetapi memiliki berbagai jenis. Ingin tau hewan pakah itu? Hewan yang dimaksudkan disini adalah Kuda.

Kuda dianggap sebagai hewan yang berkaki 4 dimana kuda memiliki berbagai type atau jenis yang berbeda. Kuda juga termasuk hewan yang sangat gampang untuk dijinakkan. Berdasarkan kuda yang gampang jinak, ini dapat terbagi menjadi 3 jenis yaitu kuda liar, keledai dan juga zebra. Kuda juga diangga sebagai hewan yang memamahbiak dimana kuda dianggap sebagai hewan yang merumput sebagai bahan konsumsinya.

Berdasarkan ukuran tubuh dan postur, kuda dapat terbagi menjadi tiga tipe. Tipe kuda berdasarkan postur dan ukurannya yaitu:

  • Kuda tipe ringan

Kuda yang dikatakan ringan ini tingginya mencapai 1,45 sampai 1,70 m dengan berat antara 450 hingga 700 kg. Ciri dari kuda jenis ini ukuran tulang kecil, kaki nampak tipis. Jenis kuda ini memiliki sifat semangat, aktif dan fesit atau lincah. Kelincahan dari kuda tersebut sering digunakan sebagai kuda tunggangan seperti kuda untuk perlombaan.

  • Kuda tipe berat

Disebut sebagai kuda berat karena tinggi dari jenis kuda ini sama dengan kuda type ringan antara 1,45 sampai 1,75 m. Dan beratnya pun juga sama sekitar lebih dari 700 kg. Sangkin beratnya, kuda jenis ini bergerak sangat lambat

  • Kuda poni

Tinggi dari jenis kuda poni ini berkisar kurang dari 1,45 m dengan bobot tubuhnya dapat mencapai sekitar 250 kg sampai 450 kg. Kuda jenis ini dikatakan sebagai kuda yang sejenis dengan kuda ringan. Sifat dari kuda jenis ini lincah, ramah dan jinak.

Diindonesia, sangat banyak sekali jenis kuda yang dapat kita temukan diantaranya adalah:

1. Kuda Sandel

Kuda Sandel adalah kuda yang berasal dari Sumba dan sering disebut sebagai kuda Sumba. Di indonesia, kuda ini dianggap sebagai jenis kuda yang terbaik. Ciri dari kuda ini memiliki bentuk tubuh kecil seperti Kepala, berambut kilap, semangat, agresif, tubuh bagian depan lebih besar daripada bagian belakang, ekor yang tinggi, memiliki warna yang berbeda serta kukunya sangat keras dan kuat. Dikatakan, tinggi dari kuda ini sekitar 1,3 m dan memiliki kecepatan lari yang sangat luar biasa.

2. Kuda Sumbawa

Mengapa disebut sebagai kuda Sumbawa? Karena kuda ini sangat banyak ditemukan di pulau Sumbawa. Kuda jenis inipun terdiri atas dua ras seperti kuda Sumbawa dan kuda bima. Kuda bima lebih pendek jika dibandingkan dengan kuda Sumbawa. Diketahui, tinggi dari kuda jenis ini hanya mencapai 1,0 sampai 1,25 m. Kuda yang bersifat sabar ini dianggap sebagai kuda pekerja.

3. Kuda Sawu

Sama dengan nama pulaunya, kuda sawu hanya ada di Pulau sawu. Untuk menarik beban berat, tenaga dari kuda ini benar-benar sangat dibutuhkan.

4. Kuda Timor

Pada pulau Timor, banyak sekali terdapat kuda timor. Kuda ini memiliki ciri dimana kuda Timor dengan bentuk punggung yang lurus, lehernya yang pendek serta bahu, tengkuk dan ekor agak tinggi. Warna rambutnyapun bervariasi. Kuda yang tingginya mencapai sekitar 1,3 m dan sering digunakan sebagai kuda tarik.

5. Kuda Flores

Namanya juga kuda Flores, sudah pasti terdapat di pulau Flores. Kuda ini juga dapat terbagi menjadi dua jenis yang berbeda berdasarkan daerahnya yaitu Kuda Manggarai dan Kuda Ngada. Untuk mengetahui kuda ini dpat ditandai dengan warna kulit coklat kemerahan. Diflores, kuda ini dimanfaatkan sebagai kuda tarik.

6. Kuda Sulawesi

Kuda sulawesi juga dapat terbagi menjadi beberapa type yaitu kuda Bone dan kuda Mahar. Kuda ini memiliki ciri seperti memiliki tubuh yang kuat, kakinya kokoh dan juga kuat serta mentalnya stabil.

7. Kuda Jawa

DiJawa sangat banyak sekali kuda Jawa. Ciri dari kuda ini mampu tahan terhadap panas, jinak, bentuk tubuh kecil dan sangat kuat. Jenis kuda ini sering digunakan sebagai penarik beban.

8. Kuda Aceh

Kuda Aceh dianggap sebagai kuda danau toba yang sering disebut sebagai kuda batak. Ciri dari kuda ini memiliki tinggi sekitar 1,32 m, seluruh rambutnya sangat bagus, ekor yang tinggi, kaki bagian belakang langsing, punggung yang panjang, mukanya yang kurus dan lehernya pendek.

Beberapa jenis kuda yang ada di Indonesia yang langsung didatangkan dari luar negeri adalah:

1. Kuda Arab

Namanya juga kuda Arab, ya sudah pasti berasal dari Arab dan tentunya bukan berasal dari Dolok Sanggul. Kuda Arab ini dapat ditandai dengan dari ukuran tubuhnya yang pendek sekitar 1,6 m dan beratnya dapat mencapai sekitar 500 kg. Kuda ini juga memiliki kemampuan berlari yang cepat. Oleh itulah sebabnya mengapa negara Arab menggunakan jenis kuda ini untuk pelombaan pacuan kuda.

2. Kuda Thoroughbred

Kuda jenis ini merupakan keturunan kuda Arab. Kuda ini memiliki ciri seperti warna rambut dan kulit bervariasi, aktif dan bersemangat, kaki dan muka berwarna putih, tingginya mencapai 1,7 m dengan berat tubuh sekitar 500 kg.

3. Kuda Australia

Jenis kuda ini dikatakan sebagai keturunan dari kuda Thoroughbreed. Kuda yang juga berasal dari Inggris ini memiliki berbagai jenis seperti kuda Suffolk, kuda Shire dan kuda Clydesdale.

Gays, demikianlah dengan apa yang kami beritahukan kepada anda sekalian mengenai berbgai jenis kuda. Semoga apa yang diberikan disini menjadikan sumber bacaan yang sangat bermanfaat serta berguna bagi banyak pembacanya. Selamat membaca.