Home/blog/Mengenal Lebih Dalam Tentang Kuda Poni

Hi, para pecinta kuda ketemu lagi nih sama mimin. Dalam artikel kali ini enaknya ngebahas apa lagi ya? Biar gak saling bingung mimin kasih bocoran deh, kali ini mimin mau membahas tentang si kecil yang lucu tapi juga kuat. Hayo ada yang tahu apa itu? Yup, benar banget ini dia si kuda poni.

Apa Sih Itu Kuda Poni?

Sudah pada tahu kan kuda poni itu apa. Nah, biar lebih jelas mimin bakal jelasin deh. Kuda Poni adalah jenis kuda yang berukuran kecil bisa juga dibilang mini sih. Tingginya dari tanah sampai ke punggung saja kurang dari 14 jengkal tangan (142 cm) kecil kan guys. Katanya nih ya guys, para leluhur dari kuda poni juga memiliki ukuran yang kecil tetapi setelah kuda-kuda ini dikembangkan maka terciptalah kuda poni yang cukup kuat walaupun kecil.

Sampai saat ini, ternyata masih banyak orang yang menggunakan kuda ini sebagai alat transportasi dan katanya kuda kecil ini juga dapat meringankan pekerjaan manusia. Kuda poni ini biasanya juga digunakan sebagai kuda tunggang di tempat-tempat rekreasi dan biasanya mereka akan memberikan harga Rp. 20.000 untuk sekali putaran.

Hewan kecil pemakan rumput ini, jika mereka sangat kelaparan mereka dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda kecil yang satu ini juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang cukup tajam lho. Kuda juga termasuk dalam mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra memiliki kesamaan yang membuatnya berbeda hanyalah kulit saja.

Perbedaan yang paling jelas terletak pada besar dan bentuk telinga, semua kuda memiliki bulu surai yang tegak dan suatu garis gelap yang memanjang di punggung. Mungkin beberapa jenis kuda poni ada yang terlihat berbeda namun semuanya cenderung bersifat kuat dan mandiri, inilah yang merupakan ciri khas dari kuda poni ini.

Jenis Kuda Poni

Kalau di Inggris, kuda poni yang terkecil adalah jenis Shetland, yang memiliki ukuran sekitar 7 jengkal tangan sedangkan jenis yang paling kuno adalah kuda poni Exmoor yang mirip dengan kuda yang biasanya digunakan oleh para penduduk Inggris sebelum zaman Romawi. Kuda poni yang biasanya di gunakan untuk kuda tunggang adalah jenis New Forest dan Welsh yang dikenal cukup terkenal. Ternyata gak cuma dikalangan orang kaya saja yang menginginkan kuda poni ini, bahkan masyarakat biasa juga mendambakan kuda jenis ini.

Akan tetapi, ternyata kuda jenis ini memiliki rasa sensitif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kuda poni ini sangat membutuhkan biaya dan perhatian yang besar saat memeliharanya. Seekor kuda poni yang ditinggal sendirian di lapangan akan merasa tidak nyaman dan pada akhirnya akan jatuh sakit. Maka dari itu kuda poni harus di tempatkan di tempat yang lebih aman agar dapat bertahan hidup dengan walaupun hanya dengan sedikit makanan.

Harga Dari Kuda Poni

Apakah kalian tahu kalau ternyata harga dari kuda poni ini cukup mahal? Beberapa kuda memiliki harga yang cukup bervariasi mulai dari puluhan juta bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah per ekornya. Menurut beberapa informasi ada juga jenis kuda poni yang harganya mencapai angka milyar, wow gila kan guys, bagusan mana menurut kalian beli rumah atau kuda poni? Hehe..

Kuda Poni Minahasa

Jika kita melihat lebih kedalam lagi ternyata sejarah dari Minahasa memang memiliki kaitan yang erat dengan kuda yang sampai saat ini telah menjadi cabang olahraga andalan. Sudah dari zaman dulu, kehidupan masyarakat Minahasa gak pernah bisa lepas dari kuda. Di Minahasa kuda telah digunakan untuk membantu masyarakat dalam melakukan pekerjaan seperti menarik gerobak.

Sama seperti halnya dengan kuda yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang merupakan kuda asli lokal yang sering disebut kuda Sumba, Kabupaten Minahasa juga memiliki kuda asli lokal yang disebut kuda poni Minahasa. Jenis kuda tersebut katanya memang sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan sebelum kehidupan masyarakat di Minahasa dimulai.

Ukuran kuda poni Minahasa juga tergolong kecil dan tinggi maksimal yang dimiliki kuda ini adalah 1,18 meter. Kuda poni Minahasa gak pernah digunakan untuk mengikuti pacuan, tapi kuda ini hanya digunakan untuk membantu kegiatan masyarakat. Saat ini akan sulit rasanya untuk menemukan kuda poni Minahasa yang memiliki darah murni, karena semua kuda di Minahasa telah mengalami persilangan dengan kuda jenis lain.

Nah, pada sekitar tahun 1930-an, disaat Belanda masih menjajah Indonesia, seorang penguasa Minahasa yang setara bupati saat ini membawa dua ekor kuda pejantan “Belgi” yang ternyata adalah kuda asli Belgia. Kedua kuda tersebut memiliki postur tubuh yang lebih besar dibanding kuda poni Minahasa yang tergolong kecil.

Jemmy Mewengkan (54), yang merupakan seorang pelatih kuda pacu di Tompaso mengatakan persilangan kuda pacu di Minahasa berasal dari dua ekor kuda Belgi tersebut. Para peternak saat ini memang sedang melakukan persilangan antara kuda Belgi dengan kuda lokal Minahasa.

Persilangan tersebut telah menghasilkan keturunan yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari kuda Belgi, tapi lebih besar dari kuda poni Minahasa. Kedua kuda Belgi milik Belanda saat itu di pelihara pada sebuah kandang di Kecamatan Tompaso. Selanjutnya, sekitar tahun 1947, Bupati Minahasa, Lourens Saerang memasukkan satu ekor kuda pejantan dari jawa bernama Boy Bintang yang ternyata adalah keturunan Torobret Australia dengan kuda lokal Jawa.

Yup, itulah sedikit penjelasan tentang kuda poni yang bisa kalian ketahui. Jadi apakah kalian juga ingin memiliki kuda poni ini? Lucu-lucu loh.