Home/blog/Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu

Kuda merupakan salah satu jenis hewan yang diyakini sudah menjadi tunggangan atau alat transportasi bagi manusia sejak 2000 tahun sebelum masehi yang lalu.

Pemanfaatan hewan khususnya kuda ini sebagai alat transportasi pun masih terus berlanjut hingga saat ini di beberapa tempat, bahkan sebelum ditemukannya kendaraan bermotor, kuda menjadi alat transportasi utama dan paling populer di masyarakat.

Selain bisa dijadikan sebagai alat transportasi, hewan yang bernama kuda ini juga memiliki keunikan lainnya, yang salah satunya adalah mengenakan sepatu.

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa kuda harus memakai sepatu? Perlu anda ketahui bahwa pada awalnya kuda tidak memakai sepatu atau tapal kuda seperti yang anda lihat saat ini.

Pada waktu itu hewan kuda ini memang ditunggangi tanpa menggunakan alas kaki atau sepatu, karena kuda diketahui  memiliki kuku – kuku yang cukup kuat. Akan tetapi, setelah kuda tersebut digunakan untuk waktu yang lama, ternyata terjadi kerusakan pada kuku kaki kuda tersebut.

Karena alasan itulah, akhirnya manusia pada zamana dulu mulai berpikir untuk mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Dan cara yang dipilih adalah dengan memakaikan tapal pada kaki kuda, agar langkah kuda menjadi lebih kuat dari yang sebelumnya dan tidak lagi merasa kesakitan pada saat atau setelah berjalan jauh. Sepatu kuda sendiri baru pertama kali digunakan manusia sekitar tahun 770 masehi.

Sepatu yang biasa dikenakan oleh kuda ini dikenal dengan sebutan tapal kuda. Tapal kuda ini dipakai untuk melindungi kaki kuda saat berjalan.

Karena itulah tapal ini juga disebut sebagai sepatu karena memiliki fungsi yang sama seperti sepatu yang digunakan oleh manusia, meskipun jika dilihat-lihat, bentuk tapal kuda ini sama sekali tidak mirip bentuknya dengan bentuk sepatu pada umumnya.

Tapal kuda atau Ladam atau yang disebut juga sebagai sepatu kuda ini terbuat dari besi pelapis yang sangat kuat. Sepatu khusus ini biasanya dibuat oleh sang ahli besi atau seorang panda besi.

Sebelum dipaku, kuku kuda terlebih dahulu dirapikan dengan cara dipotong. Alat yang digunakan untuk memotong ini pun bukanlah alat yang sembarangan. Memotong kuku kuda ini harus menggunakan peralatan pisau khusus dan juga membutuhkan martil. 

Martil ini nantinya akan digunakan untuk memukul pisau potong. Martil ini sangat dibutuhkan karena seperti yang anda ketahui, kuku kuda pada dasarnya sangatlah keras.

Setelah kuku kuda selesai dipotong, tapal kuda yang sudah disesuaikan ukurannya dengan kaki sang kuda kemudian dipaku dan dipukul dengan memakai martil yang sudah disediakan tadi. Arah paku harus pada kemiringan tertentu supaya paku tidak mengenai pembuluh darah si kuda.

Setelah paku tersebut berhasil tertancap, ujung paku harus dibengkokkan supaya tidak lepas dan dipukul kembali dengan martil. Sepatu kuda yang terbuat dari besi ini hadir dengan berbagai ukuran, sedangkan paku yang digunakan terbuat dari besi yang bentuknya seperti segi empat dan panjangnya memiliki ukuran yang beragam.

Untuk satu kuda, diperlukan paku dalam beberapa ukuran yang disesuaikan dengan jangkauan dari bawah kuku ke permukaan kuku miliki si kuda yang ingin dipakaikan sepatu.

Uniknya Sepatu Kuda

Selain karena fungsinya yang unik, tapal kuda atau sepatu kuda ini ternyata juga memiliki keunikan. Ada kepercayaan masyarakat yang melekat pada benda ini.

Jika anda pernah melihat orang menggantungkan atau menaruh sepatu kuda di depan pintu mereka, pernahkah anda bertanya pada si pemilik rumah alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut?

Konon kebiasaan atau yang lebih pas disebut dengan kepercayaan menaruh sepatu kuda di pintu sejak dahulu kala ini, memiliki arti khusus.

Orang yang melakukannya percaya kalau benda ini akan membawa keberuntungan kepada mereka dan bisa menangkal ilmu hitam atau melindungi siapapun yang berjalan di bawahnya dari serangan ilmu hitam.

Bukan hanya dijadikan sebagai semacam jimat pelindung saja, sepatu kuda juga banyak dipakai di dalam beberapa jenis permainan, yang salah satunya adalah pada saat kita mencoba melemparnya ke poll.

Alasan Kuda Memakai Sepatu

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas tadi, pemberian sepatu pada kuda bukanlah tanpa adanya alasan yang melatarbelakinya. Segala sesuatu yang diciptakan pasti memiliki tujuan dan begitu pula halnya yang terjadi pada penemuan tapal kuda yang hingga sekarang masih digunakan tersebut.

Nah, kira-kira apa saja ya alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu layaknya manusia? Trus, apakah tapal kuda hanya memiliki satu model saja atau memiliki beragam model seperti sepatu – sepatu yang biasa dikenakan oleh masyarakat? Mari kita cari jawabannya di bawah ini ya guys.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu:

1. Untuk Melindungi Kaki Kuda

Di atas tadi sudah sedikit dibahas mengenai alasan utama pemakaian sepatu pada kuda. Yap, fungsi utamanya adalah untuk melindungi kaki kuda, terutama melindungi kuku kuda tersebut agar tidak hancur pada saat berjalan atau pada saat ia digunakan untuk waktu yang lama sebagai tunggangan atau alat transpotrasi.

Berdasarkan informasi yang didapat, kaki kuda itu terdiri dari jari – jari kaki yang cukup besar dan bentuknya miring. Jika pada kebanyakan hewan, jari – jari kakinya memiliki cakar, maka bed halnya dengan kuda yang diketahui hanya memiliki kuku. Kuku ini terdapat di sekeliling jari kakinya.

Nah, daerah di sekeliling kuku itu “mati rasa”. Jadi, tidak akan merasa sakit meskipun terluka. Lalu bagian tengah kaki kuda itu ada semacam kulit lembut dan tidak terlindungi oleh apapun. Jika kuda mengangkut beban yang berat sambil berlari, maka bagian tersebut bisa saja menyentuh tanah dan terluka dan berakibat pada si kuda atau akan membuatnya berjalan pincang.

2. Supaya Kaki Kuda Tidak Kepanasan

Sebagai seekor kuda, tugas yang dilakukan oleh hewan ini tidaklah mudah, meskipun anda hanya melihat mereka berlari – lari kecil memutari kota sambil menarik gerobak yang berisi orang di dalamnya.

Coba bayangkan gimana kalau anda yang disuru lari – lari dalam keadaan “telanjang kaki” alias tidak menggunakan alas kaki atau sepatu, terutama pada saat siang hari yang lagi terik-teriknya, apa yang anda rasakan? Telapak kaki anda pasti akan terasa seperti terbakar, bukan? 

Nah, begitu pula yang terjadi pada kuda. Meskipun kuda adalah salah satu hewan yang bisa dikatakan sebagai hewan yang kuat, tapi kalau sering – sering melakukan hal tersebut, kakinya juga bisa hancur.

Karena jalanan akan menjadi terasa panas jika suda terpampang sinar matahari lama-lama, maka si pemilik kuda pun akan merasa kasihan kepada si kuda. Maka kuda tersebutpun akhirnya diberikan sepatu. Itulah salah satu kegunaan tapal kuda ini.

Eh tapi kalau bener alasannya biar kaki kudanya gak kepanasan, kan tapal kuda dibuat dari metal juga. Ikutan panas dong. Gimana sik.

3. Biar Kedengeran Kalau Mau Lewat

Sebagai salah satu alat transportasi, keamanan dari mengendarai kuda juga perlu diperhatikan, baik untuk si pengendara, maupun untuk orang-orang yang berada di sekitarnya.

Nah salah satu cara membuat berkendara kuda ini menjadi lebih aman adalah dengan memasang tapal di kaki si kuda, supaya pada saat dia lewat, orang – orang bisa langsung mendengarnya dan menghindar agar tidak tertabrak.

Bayangin deh kalau anda sedang ingin menyebrang jalan, awalnya anda kira jalanan dalam keadaan kosong karena tidak ada suara atau tanda – tanda dari kendaraan yang akan melintas, termasuk kuda salah satunya.

Nah sewaktu anda akan menyeberang, tiba – tiba anda tidak melihat ternyata ada kuda yang lewat, apa yang akan terjadi kira-kira? Anda mungkin akan diserempet oleh kuda tersebet dan kecelakaan tidak akan bisa terhindarkan.

Alasan lainnya mengapa kuda dipakaikan sepatu adalah untuk menunjukkan eksistensi atau keberadaannya kepada masyarakat. Seperti yang anda ketahui, alat transportasi yang menggunakan hewan kuda seperti andong atau delman ini sudah sangat jarang atausulit ditemukan di zaman seperti sekarang ini.

Dulunya, saat alat transportasi ini sedang populer – populernya, si kusir menjual jasa si kuda. Jadi supaya ‘jualannya’ laris, orang harus tau keberadaan dari kuda tersebut, bukan?

Dan tapal atau sepatu kuda inilah alternatif yang bisa digunakan oleh si pak kusir tersebut. Yah sama saja seperti tukang baso yang ngegebuk – gebukin mangkok supaya orang tau kalau dia ada disekitar mereka. Masih masuk akal kan guys alasan yang ketiga ini?

4. Biar Kaki Si Kuda Tetep Aman

Diharuskan untuk lari-lari kecil setiap hari di jalanan, kaki si kuda bisa cedera sewaktu-waktu. Bayangin kalau setelah ada peristiwa kecelakaan yang terjadi di jalan dan banyak pecahan kaca yang berserakan di sana, kalau si kuda tidak pakai sepatu, nanti kakinya bisa terkena beling dan alhasil dia tidak akan bisa lari-lari kecil lagi.

Selain keempat alasan yang sudah disebutkan tadi, alasan lain mengapa kuda harus memakai sepatu adalah karena ternyata dengan menggunakan sepatu besi tersebut, kuda bisa berlari lebih cepat.

Jadi, sepatu kuda sama fungsinya seperti sepatu yang anda gunakan, yaitu untuk melindungi kaki. Tentu saja tidak semua kuda memakai sepatu besi. Hanya kuda-kuda yang dipelihara atau dirawat saja yang menggunakan sepatu khusus kuda itu.

Model Terbaru Sepatu Kuda

Di beberapa negara yang ada di dunia, kuda menjadi salah satu hewan yang digunakan untuk membantu mencari nafkah. Sebagai hewan yang dipekerjakan tentu saja kesehatan kuda harus diperhatikan. Kalau tidak, gimana mereka bisa mencari nafkah? 

Anda pasti sudah tahu kan kalau kuda harus menggunakan sepatu yang biasa disebut dengan tapal kuda? Umumnya sepatu kuda ini terbuat dari besi. Tapi baru-baru ini seorang desainer berhasil membuat sepatu khusus dengan model yang berbeda untuk kuda agar bisa lebih aman digunakan pada saat mereka berlari.

Charly Forstner, yang merupakan orang yang telah membuat sepatu lari yang diperuntukan untuk kuda ini mengatakan bahwa alasannya membuat model terbaru ini adalah karena dia merasa prihatin dengan kondisi kuda selama ini.

Menurut penelitian yang dia lakukan, sekitar 50% kuda yang diistirahatkan dari tugasnya selalu terkena masalah dengan kuku dan kaki mereka akibat penggunaan tapal kuda dan paku yang terlalu sering.

Karena alasan itulah ia akhirnya memunculkan ide untuk membuat sepatu lari khusus kuda yang diberi nama Megasus Horserunners. Sepatu yang ia buat ini menggunakan sistem jepit dengan maksud untuk tetap menjaga kenyamanan si kuda dan juga agar si kuda tetap dalam keadaan aman.

“Produk unik ini memberikan banyak keunggulan dibandingkan dengan sepatu kuda yang terbuat dari besi biasa. Selain lebih ringan dan punya ketahanan yang tinggi, sepatu ini tidak perlu menggunakan paku yang bisa menyakiti kaki kuda,” kata Forstner.

Setelah uji coba, sepatu ini ternyata mampu bertahan di berbagai kondisi seperti jalanan berair, berlumpur hingga rerumputan. Sepatu ini juga memiliki kekuatan jepit yang luar biasa karena menggunakan perekat super lengket. Tapi tetap bisa dilepaskan dengan mudah.

Terlepas dari bagaimana pun model sepatu yang diciptakan untuk kuda ini, yang terpenting adalah semua usaha tersebut dilakukan untuk tujuan yang sama, yaitu diperuntukkan untuk membantu dan melindungi si kuda. Benar tidak? Sekarang anda sudah tidak bertanya-tanya lagi kan apa alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu? 

Nah, karena anda sudah tahu alasannya, maka berakhir sudah penjelasan di dalam artikel ini. Semoga informasi yang tadi disampaikan bisa menambah pengetahuan atau wawasan anda ya guys.